Rabu, 22 Desember 2010

Topologi Jaringan Komputer

admin's picture

Topologi Jaringan adalah suatu bentuk penggambaran/perancangan pemetaan pada sebuah Jaringan Komputer bagaimana beberapa komputer (node) saling dikaitkan antara satu dan lainnya menggunakan kabel/non-kabel membentuk sebuah relasi (link) yang dikontrol oleh suatu station(server),, Topologi ini dibuat untuk membantu kita sebelum membangun sebuah Jaringan Komputer yang real.., Topologi Jaringan sendiri terbagi menjadi 2(dua) yaitu Topologi Fisik (physical topology) dan Topologi Logika (logical topology).
Topolgi Fisik berkaitan dengan komputer, kabel, dan lokasi Jaringan sedangkan Topologi Logika mengenai bagaimana sumber data/informasi itu dapat di salurkan..

Ada berbagai macam bentuk dari Topologi Jaringan yang lazim di pakai saat ini.....,, pemilihan bentuk Topologi disesuaikan dengan tingkat kebutuhan pengguna, lokasi dan sumber peralatan yang tersedia. di bawah ini merupakan bentuk-bentuk dari Topologi Jaringan tersebut :

Topologi Bus
Topologi ini merupakan topologi tertua yang digunakan untuk membangun sebuah Jaringan Komputer... sudah jarang sekali kita lihat penggunaannya..., dalam Topologi Bus semua komputer saling dihubungkan menggunakan cable coxical dengan posisi memanjang, di akhir cable harus memakai sebuah terminator dan setiap komputer(node) memiliki kedudukan perolehan sumber informasi yang sama...,, topologi ini masih banyak kekurangan digunakan pada lokasi yang realtif kecil.

Topologi Bus

Kelebihan : Hemat Kabel, Layout kabel sederhana, Tidak akan mengganggu komputer lainnya jika salah satu komputer mengalami keruksakan.

Kekuruangan : Kepadatan lalu lintas tinggi mengakibatkan Sering sekali terjadi tabrakan (collision), keamanan data kurang terjamin, diperlukan repeater untuk jarak jauh dan sangat sulit untuk dikembangkan

Topologi Cincin
Bentuk topologi menyerupai sebuah cincin karena setiap node(komputer) saling dihubungkan oleh sebuah cable secara serial (terus menerus) membentuk suatu Lingkaran...,, topologi ini menggunakan cable fiber optic.... Topologi ini memiliki kelemahan jika salah satu komputer mangalami masalah maka akan mengganggu keseluruhan komputer dalam menerima informasi yang ada.

Topologi Ring

Kelebihan : Hemat kabel, dapat melayani lalu lintas yang padat, instalasi sederhana

Kelemahan : Lambat, Peka kesalahan, Kerusakan pada terminal dapat melumpuhkan keseluruhan sistem jaringan dan sulit dikembangkan.


Topologi Star
Topologi Star(Bintang) adalah topologi jaringan yang paling sering dipakai penggunaannya..., dalam topologi jaringan ini setiap komputer sudah tidak lagi dihubungkan secara serial (langsung) melainkan menggunakan sebuah alat penghubung hub/switch,, setiap kegiatan mengenai pertukaran informasi sepenuhnya di control oleh sebuah komputer server. menggunakan cable UTP sebagai penghubungnya..., karena menggunakan hub/switch maka jikalau terjadi suatu masalah pada satu komputer tidak akan berpengaruh terhadap komputer yang lainnya..

Topologi Star

Kelebihan : Kecepatan transfer data cepat, Sangat Fleksibel, adanya kontrol dari pusat sehingga mempermudah pendeteksian kesalahan dan mudah dikembangkan.

Kekurangan : HUB menjadi elemen kunci (Kritis), Perlu penanganan khusus, Boros Kabel, sering tejadi (collision)/ tabrakan.


Topologi Tree
Topologi yang satu ini merupakan hasil penggabungan dari ketiga Topologi di atas.. kalau dilihat dari gambarnya setiap Topologi membentuk sebuah tingkatan hirarki dari yang tinggi ke hirarki yang rendah...., Topologi Jaringan biasa digunakan oleh Perusahaan-perusahaan untuk membangun sebuah Sistem Jaringan Komputer dalam sekala besar...

Topologi Star

Kelebihan : Mudah dikembangkan menjadi jaringan yang lebih luas, data terpusat sehingga memudahkan dalam mengontrol.

Kelemahan : Dapat terjadi tabrakan file(collision), jaringan akan terganggu apabila terjadi kerusakan disalah satu tingkatan hirarki yang ada..

=l=l

Trackback URL for this post:

http://ifs.totalh.com/trackback/21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar