Rabu, 22 Desember 2010

Alat Input dan Output Komputer

Pada Umumnya komputer terdiri dari beberapa komponen-komponen perangkat keras yang saling terkait/bekerja sama untuk membentuk sebuah sistem. komponen-komponen ini memiliki tugasnya masing-masing.., apabila salah satu komponen tidak bekerja dengan semestinya.. maka akan berpengaruh terhadap kinerja dalam suatu sistem komputer. sebenarnya ada beberapa fungsi dari komponen perangkat keras :

  1. Input Device
  2. Proses Device
  3. Ouput Device
  4. Backing Storage
  5. dan Periferal

tapi artikel ini cuma akan membahas 2 komponen di atas yaitu :

  1. Input Device (Alat Masukan)
  2. Output Device (Alat Keluaran)

Input Device adalah merupakan alat perangkat keras yang memiliki fungsi untuk memasukan suatu data/perintah ke dalam komputer. data yang dimasukan akan segera di proses oleh sistem yang ada pada komputer.

Contoh Alat Input :

  1. Mouse
    Mouse

    Adalah alat yang digunakan untuk menggerakan pointer pada sebuah sistem,, biasanya memiliki 3 tombol default masing-masing tombol memiliki fungsi sendiri-sendiri di desain untuk mempermudah pengguna komputer menavigasi suatu sistem, software pada komputer..., sebagai alat input data selain keyboard, karena bentuknya menyerupai seekor tikus maka alat tetikus ini diberi nama Mouse..

  2. Keyboard
    Keyboard

    Merupakan alat input utama yang berfungsi mengimput data berupa karakter huruf, angka, symbol dan perintah-perintah lainnya.., agar user (pengguna komputer) dapat membuat suatu file project dengan tujuan tertentu dalam komputer..

  3. Scanner
    Scanner

    Berfungsi sebagai untuk mengambil dan menggandakan gamabar.. menggcopy file yang sudah ada untuk di masukan ke dalam komputer.., hampir sama dengan mesin foto copy hanya saja pada scanner inputnya berupa data digital disimpan terlebih dahulu.. kalau foto-copy biasa langsung mencetak file di kertas..

  4. Joystick
    Joys Stick

    Merupakan alat yang di rancang untuk mempermudah pengguna komputer mengontrol software atau aplikasi berbasis Game maupun Simulasi..., sepertinya halnya stick pada consule Game PS, PS2, X-BOX maupun Nitentdo...


Ouput Device berfungsi sebagai mengeluarkan data yang telah di inputkan oleh perangkat Input Device. sebagai hasil final tampilan dari data/perintah yang telah di proses oleh sistem komputer. output yang di keluarkan bisa dalam berbagai bentuk misalnya gambar, huruf, angka, symbol dan suara.....

Contoh Alat Output :

  1. Monitor
    Monitor

    Perangkat output memiliki tugas menampilkan aksara atau imej tampilan gambar yang sebelumnya telah di proses oleh VGA (Video Graphics Adapter).., tanpa monitor sudah pasti kita tidak bisa melihat hasil dari alat input...

  2. Printer
    Printer

    Bertugas untuk mencetak dan menggandakan suatu data berupa dukumen word maupun gambar untuk selanjutnya di cetak pada kertas...

  3. Speaker
    Speaker

    Alat Output yang memiliki fungsi mengeluarkan suara berupa file audio (mp3, wave dll) maupun manusia..., setelah di proses oleh sound card dalam komputer..

  4. Infocus
    Infocus

    hampir sama dengan tugas Monitor hanya saja infocus tidak langsung menampilkan gambar... melainkan gambar yang ada terlebih dahulu di pantulkan ke tembok atau papan.. baru bisa di lihat...hasilnya, biasanya digunakan untuk mempersentasikan suatu tugas/proyek.. karena gambar yang dihasilkan jauh lebih besar ketimbang monitor..

Trackback URL for this post:

http://ifs.totalh.com/trackback/8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar