Minggu, 04 Juli 2010

Internet dan Pendidikan ( I )

Saat ini kita berada pada zaman dimana kita harus bergerak secepat kilat jika kita ingin terus berada pada arus zaman. Segala sesuatunya berubah setiap kali matahari terbit dan tenggelam. Hari esok datang dengan berjuta perkembangan dan hal-hal baru. Begitu halnya teknologi. Teknologi diadaptasikan pada segala aspek kehidupan, membuat hidup jadi lebih mudah dan menarik. Teknologi pun sedemikian rupa diaplikasikan untuk dunia pendidikan. Bagi yang berpendapat bahwa pendidikan online akan berkembang dikemudian hari, mungkin Anda telah ketinggalan kereta, pendidikan online, telah berkembang sedemikian rupa disaat sekarang ini.

Pendidikan Online, Disaat Sekarang dan Disaat Mendatang

Belakangan, banyak sekolah, universitas dan institusi pendidikan lainnya yang menawarkan pendidikan jarak jauh via internet. Bahkan, beberapa dari mereka hanya menawarkan pendidikan online, dan menjadi institusi virtual. Kitapun sekarang bisa menemukan dengan mudah berbagai situs pendukung pendidikan online. Ada yang menawarkan meeting place, video conference, bahkan sebuah kelas virtual, lengkap dengan video dan audio. Contohnya WiZiQ, dimana siapapun bisa mengajar dan belajar apapun, hanya dengan sign up, atur jadwal sesi, pilih sesi yang kita inginkan, dan gunakan kelas virtualnya. Jadi jelas, pendidikan online bukan merupakan masa depan lagi, tapi merupakan masa kini.

Kenapa Kelas Virtual Online?

Integrasi pendidikan online memberikan manfaat lebih dibanding kelas tradisional. Melalui kelas virtual, kita tetap bisa berhubungan langsung dengan pengajar, berdiskusi, memberikan komentar, penjelasan atau semua jenis aktivitas lainnya yang biasa dilakukan di kelas biasa. Namun, keunggulannya, semua hal ini sekarang bisa dilakukan kapanpun dari manapun di seluruh dunia, hanya dengan koneksi internet. Waktu pun tidak jadi masalah lagi, seseorang bisa mengambil sebuah kelas online dengan mencocokkan jadwalnya sendiri, sesuai dengan waktu luangnya, karena kelas virtual selalu disitu, aktif 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Anda bisa mengikuti kelas tentang bisnis ekonomi dimalam hari sebelum Anda tidur, atau belajar bahasa Inggris di hari minggu pagi. Inilah kelebihan lain kelas virtual dibanding kelas biasa.

Teknologi Untuk Pendidikan Virtual

Pada dasarnya, mudah untuk dimengerti kenapa belajar online lebih nyaman dan telah menjadi pilihan. Sebelumnya, kita harus berangkat ke kampus atau sekolah, membuat catatan dan kemudian belajar lagi dirumah. Selanjutnya berkembang, kita belajar dengan powerpoint presentation, penggunaan komputer lebih lanjut, dan pemanfaatan internet untuk sumber informasi. Idealnya, kenapa tidak menggabungkan kedua hal ini agar semua bisa lebih mudah? Inilah yang ditawarkan oleh pendidikan virtual, dan hal ini juga yang menjadi alasan kenapa belajar online menjadi populer belakangan ini.

Teknologi pun terus maju pesat. Setiap saat selalu berevolusi dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan lebih bagi para pengguna pendidikan online. Sebagai contoh, sekarang seorang murid bisa merekam perkuliahan online-nya untuk diakses dikemudian hari, powerpoint presentation bisa diubah ke podcasts dan di transfer ke iPod, dan kemudahan kemudahan lainnya.

Pendidikan di Dunia Cyber Solusi Beberapa Masalah

Dunia pendidikan online telah membuat proses belajar menjadi proses yang lebih menarik, kaya akan peluang, keleluasaan dan kenyamanan. Biayapun bukan menjadi masalah lagi dengan begitu banyaknya platform, organisasi dan individual yang peduli akan hal ini dengan memeberikan tool dan layanan gratis. Biaya perjalanan pun bukan merupakan sebuah isu lagi, karena yang dibutuhkan hanyalah computer dengan koneksi internet.

Bisnis eLearning ditahun 2010

Sekarang, mari kita lihat hal ini dari segi bisnis. Disadur dari sebuah artikel di thejournal.com, San Jose, peneliti pasar di Global Industry Analysts, sebuah organisasi yang berbasis di California, AS, menyebutkan bahwa rancangan pasar global eLearning akan bernilai $ 52.6 miliar pada tahun 2010. Serta dalam eLearning: A Global Strategic Business Report, sebuah laporan yang dikeluarkan oleh organisasi tersebut, ditahun 2007 saja, industry pendidikan online di AS sudah bernilai $ 17.5 juta. Dalam laporan itu juga diperkirakan bahwa pengguna eLearning di Asia diharapkan akan mencapai pertumbuhan tahunan dari 25 persen menjadi 30 persen ditahun 2010, dan ditargetkan seluruh dunia akan mencapai antara 15 persen dan 30 persen. Dilihat dari laporan ini, sudah dapat diperkirakan bagaimana berkembangnya nanti pendidikan online di dunia dalam beberapa tahun mendatang ini.

Antara Pelajar dan Pengajar

Namun, terlepas dari semua peluang dan perkembangan ini, semua akan berbalik lagi pada masyarakatnya. Dibutuhkan keinginan dan ketertarikan pelajar untuk mulai memanfaatkan teknologi untuk belajar online, dan kemampuan para pengajar untuk beradapatasi dengan perkembangan teknologi, sehingganya pendidikan online akan terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Dimana Posisi Indonesia?

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, perkembangan internet di Indonesia sudah cukup menggembirakan. Jika kita bandingkan pengguna internet di tahun 2000 dengan tahun 2008, sudah sangat jauh berbeda. Hal ini semestinya bisa menjadi peluang untuk lebih mempopulerkan pendidikan online. Mari kita ambil perbandingan dengan negara lain, India. Belakangan India telah menjadi salah satu negara yang diperhitungkan di Asia. Kemajuan dibidang teknologi sangatlah pesat di negara ini, begitupun dengan perkembangan pendidikan online-nya. Mari kita ambil contoh lagi dengan WiZiQ, salah satu platform penyedia kelas virtual gratis. India adalah pengguna WiZiQ terbanyak di dunia, diikuti oleh AS. Indonesia? Berada pada angka 27 (dari google analytics, per 21 November 2008). Ini baru dilihat dari satu penyedia kelas online. Namun, diikuti dengan kemauan dan kepedulian semua pihak, angka ini tentunya akan bisa manjadi lebih baik, dan pendidikan online di Indonesia akan menjadi lebih popular dan terus berkembang.

Alfajri Alwis
Alumni Universitas Andalas (2008)

Guru Kesulitan Manfaatkan Software Pendidikan

"JAKARTA, KOMPAS.com — Pembelajaran dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi terus dikembangkan di sekolah-sekolah. Namun, minimnya pelatihan yang berkelanjutan kepada guru-guru mengakibatkan pemanfaatan sarana software pendidikan yang disediakan pemerintah tidak maksimal."

"Salah satu kesulitan yang dirasakan guru yakni pemanfaatan software pendidikan jenis virtual laboratorium untuk siswa SMP yang merupakan produk luar negeri. Sejak dibagikan ke ratusan SMP pada tahun lalu, pemanfaatan CD pembelajaran virtual lab di sekolah belum maksimal."

Tender diprotes

"Meskipun aplikasi di lapangan untuk software virtual laboratorium masih belum maksimal, pemerintah kembali memprogramkan penggadaan CD software pembelajaran Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika, tingkat SMP pada tahun ini. Pengadaan paket CD software pembelajaran tersebut menyerap anggaran negara sekitar Rp 15 miliar."

"Namun, proses tender CD software pembelajaran tingkat SMP itu diprotes sejumlah perusahaan software dalam negeri yang mendaftarkan diri. Pasalnya, spesifikasi yang ditetapkan panitia dinilai mengacu kepada produk software asing yang sudah didistribusikan di Indonesia."

"Sejumlah peserta tender yang melayangkan surat protes kepada Menteri Pendidikan Nasional yang ditembuskan juga antara lain ke Presiden RI mempertanyakan komitmen pemerintah dalam pengadaan jasa/barang yang seharusnya memprioritaskan produk dalam negeri, sesuai Instruksi Presiden RI Nomor 2 Tahun 2009 tentang Penggunaan Produk Dalam Negeri Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Mereka menilai persyaratan yang ditetapkan menutup peluang perusahaan software edukasi di Indonesia, tetapi secara jelas mengacu ke produk asing."

Ayo, Indonesia Bisa! Mengapa harus beli software dari luar negeri?

Dampak Kelucuan Video Ariel Luna dan Cut Tari

Sejak beredarnya video porno yang mirip artis Indonesia yang yakni Ariel Peterpan, Luna Maya dan Cut Tari kini melanda dunia maya dipenuhi dengan kelucuan. Mulai dari karikatur politisi sampai kepala negara dibuat berkaitan dengan skandal video porno itu. Inilah ‘Ariel effects‘.

Pada sebuah forum di dunia maya, sejumlah orang sibuk membicarakan video porno yang menghebohkan itu. Tak hanya sekadar membicarakan, orang-orang juga seperti berlomba membuat gambar-gambar lucu yang berkaitan dengan video tersebut.

Salah satu gambar tampak seperti sebuah poster film bioskop dengan judul “Ariel Peterporn, journey to sexland”. Dalam gambar itu terdapat foto Ariel Peterpan diapit oleh Luna Maya dan Cut Tari.

Gambar lainnya memuat foto seseorang yang mirip dengan Presiden AS Barack Obama sedang menelepon seseorang yang mirip dengan politisi Indonesia. Dalam gambar itu menceritakan, Obama meminta politisi Indonesia untuk segera merulis video porno selanjutnya.

Yang mencengangkan adalah, beredar sebuah video brjudul ‘Hitler Ngotot Minta Video Luna – Ariel’…hahaha..ada-da aja. Video itu menceritakan seorang yang mirip dengan Hitler sedang marah-marah kepada anak buahnya karena tidak mendapat video Ariel bersama dua artis wanita.

Piala dunia pun terkena imbasnya. Gambar maskot piala dunia yang seharusnya berwajah Cheetah, ops..!, diubah menjadi wajah Ariel. Bahkan, jadwal pertandingan piala dunia, berubah menjadi jadwal beredarnya video ariel yang dikabarkan masih ada 30 video lagi, busyeddd..!

Tak sampai disitu, dinternet juga beredar dua foto dengan kualitas gambar rendah. Salah satu foto tersebut memperlihatkan seorang pria, yang mirip dengan Ariel sedang melakukan hubungan layaknya pasangan suami-istri dengan seorang perempuan yang berambut agak pirang.

Sementara foto satunya memperlihatkan seorang perempuan yang mirip dengan penyanyi berinisial AK. Namun, kedua foto itu ternyata hanya rekayasa belaka. Data dari foto itu menunjukkan bahwa kedua foto tersebut merupakan hasil rekayasa Photoshop.

Di balik kehebohan video porno yang menggemparkan dunia keartisan itu, ternyata beredarnya video tersebut juga memiliki dampak buruk di kehidupan sosial masyarakat. Salah satunya dialami Ardi. Sejak video porno itu diberitakan di televisi, anaknya yang berumur 5 tahun selalu bertanya soal video tersebut.

“Ayah, porno itu apa sih? Aku mau dong lihat film duetnya Luna Maya sama Ariel,” ujar Ardi menirukan perkataan anaknya yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak itu.

Inilah dampak dari video porno itu alias ‘Ariel Effects’. (www.luragung.com)

Tips Browsing Internet Super Cepat

Browsing Internet dengan kecepatan yang tinggi pasti sangat menyenangkan, berbagai cara dilakukan untuk mempercepat koneksi internet baik menggunakan software agar koneksi internet menjadi lebih cepat maupun menggunakan settingan tertentu yang diklaim bisa mempercepat koneksi internet. Disini saya coba akan memberikan beberapa tips agar Anda lebih senang berada di depan komputer Anda yang super cepat.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk mempercepat koneksi internet :

A. Menggubah setting bandwith pada windows (Hanya kami uji pada Windows XP)

Pada dasarnya OS windows sudah membatasi bandwidth untuk koneksi internet sebanyak 20% dari total bandwidth yang seharusnya bisa maksimal, jika netter ingin menambah bandwidth internet supaya koneksinya terasa lebih cepat dan kencang bisa dengan cara mengurangi atau mengosongkan batasan bandwidth tersebut supaya pada Windows kita bisa maksimal dalam menggunakan bandwidth yang sudah ada.

Ikuti petunjuknya seperti dibawah ini :

  1. Klik Start
  2. Klik Run
  3. Ketik gpedit.msc
  4. Kemudian klik Ok
  5. Setelah masuk klik (buka) Administrative Templates
  6. Kemudian klik (buka) Network
  7. Setelah terbuka klik QoS Packet scheduler
  8. Kemudian klik Limit Reservable Bandwidth
  9. Dan setelah terbuka ubah setting menjadi Enable
  10. Kemudian ubah Bandwidth Limitnya menjadi 0
  11. Klik Apply, dan terus Ok
  12. Kemudian keluar dan Restart komputer

B. Pakai browser Google Chrome atau Apple Safari

Versi terbaru dari browser Chrome dan Safari sangatlah cepat bila dibandingkan dengan Firefox ataupun Internet Explorer (sudah dicoba dan terbukti memang jauh lebih cepat). Saran saya pakailah Google Chrome karena selain cepat, Chrome lebih aman dibanding dengan Safari, walau dalam beberapa hal Safari kadang lebih cepat dari Chrome.

Kalau netter sudah terbiasa memakai Firefox dan tidak ingin beralih ke browser lagi, bisa tambahkan Add-on “Adblock” untuk memblok iklan, gambar, dan flash yang aktif. Ada beberapa Add-on lagi dari Firefox seperti NoScript yang bisa mempercepat akses internet, tapi sayangnya kalau kebanyakan Add-on justru, kadang malah memperlambat akses dari browser Firefox sendiri.

C. Perbesar cache browser hingga 5% dari kapasitas Harddisk atau 1 – 2 GB

Cara ini terbukti efektif untuk mempercepat akses browser. Logikanya adalah browser tidak perlu tiap kali loading gambar dan tetek bengeknya segala setiap kali berkunjung ke situs yang sudah pernah dikunjungi, karena kalau situs sudah pernah dikunjungi akan otomatis di-cache oleh browser.

Cara ini hanya berlaku jika kapasitas harddisk netter cukup besar. Pada umumnya masing-masing browser ada yang bisa diset kapasitas cachenya, ada yang otomatis. Jika browser netter tidak ada pilihan set cache, artinya netter jangan sering-sering (atau tidak perlu) clear history di browser.

Sumber : ketok.com

Cara Memperbaiki Harddisk yang Rusak

Secara awam mungkin sulit untuk memperbaikinya, tetapi secara teknis harddisk yang rusak bisa diperbaiki, tergantung level kerusakannya.

Cerita dikit tentang Harddisk

Saya membagi harddisk menjadi 4 level, ini berdasarkan riset dan pengalaman saya pribadi selama menangani kerusakan harddisk.

Level 1

Kerusakan yg terjadi pada level ini bisanya disebabkan Bad sector. Untuk menanganinya ada beberapa cara dan variasi percobaan, disesuaikan dengan merk harddisk dan banyaknya bad sector.

- Untuk penangan awal bisa gunakan perintah FORMAT C:/C (sesuaikan dengan drive yg akan diformat). /C digunakan
untuk mebersihkan cluster yg rusak.
- Langkah kedua jika belum berhasil bisa gunakan program Disk Manager dari masing-masing pabrik pembuat Harddisk.
- Jika belum berhasil juga anda bisa gunakan software HDDREG , silahkan download di internet programnya.
- Jika belum berhasil coba cara Low Level Format atau Zero File.
- Jika masih belum bisa, anda bisa lakukan pemotongan sector harddisk yg rusak, dengan cara membaginya dan tidak menggunakan sector yang rusak.

Level 2
Kerusakan yang terjadi pada level 2 adalah Kehilangan Partisi Harddisk dan Data . Ini bisa disebabkan oleh virus atau kesalahan menggunakan program utility. Ada yg perlu diperhatikan dalam mengembalikan Partisi harddisk yang hilang, yaitu kapasitas harddisk dan Jenis File Systemnya. Partisi dengan File System FAT lebih mudah dikembalikan dibanding NTFS atau File System Linux.
- Cek terlebih dahulu partisi harddisk dengan menggunakan FDISK atau Disk Manager
- Untuk mengembalikannya bisa gunakan software seperti Acronis Disk Director, Handy Recovery, Stellar Phoniex dll.

Level 3
Kerusakan yg menyebabkan harddisk terdeteksi di BIOS tetapi tidak bisa digunakan, selalu muncul pesan error pada saat komputer melakukan POST. Biasanya ini disebabkan FIRMWARE dari harddisk tersebut yg bermasalah. Untuk gejala ini banyak terjadi pada harddisk merk Maxtor dengan seri nama-nama Dewa. Untuk memperbaikinya anda bisa download program Firmware dari website merk harddisk tersebut.

Level 4
Kerusakan yang menyebabkan Harddisk benar tidak terdeteksi oleh BIOS dan tidak bisa digunakan lagi. Ini level yang tersulit menurut saya. Karena untuk perbaikannya kita butuh sedikit utak atik perangkat elektronika dan komponen dalamnya. Menganggulangi harddisk yang tidak terdeteksi oleh BIOS banyak cara.
- Mengecek arus listrik yg mengalir ke harddisk
- Mengganti IC pada mainboard Harddisk
- Buka Penutup Cover harddisk dan cek posisi Head harddisk
- Cara yg extreme harddisk yg rusak bisa dikanibal dengan harddisk yg lain yg keruskan berbeda, bisa dengan cara mengganti maiboardnya atau mengambil IC nya.

Semoga ini bisa jadi referensi tambahan buat kalian yang ingin mencoba memperbaiki harddisk. Semoga berhasil icon smile Cara Memperbaiki Hardisk yang Rusak

sumber : http://tipsdantrikkomputer.blogspot.com

Cara Memperbaiki Motherboard

Motherboard atau Mainboard adalah board/ papan utama tempat komponen-komponen utama seperti microprocessor dan memory (RAM, ROM, BIOS) beserta chip kontroler lainnya. Terdapat juga SLOT Ekspansi yaitu tempat untuk memasang card-card tambahan yang berfungsi untuk meningkatkan fasilitas dan kemampuan yang dibutuhkan. Microprossor terpasang pada soket / slot yang sesuai dengan bentuk dan ukuran microprocessor tersebut, seperti soket 370, 470, soket LGA 775, soket A 462 (AMD), soket slot I (Pentium 2 dan 3). Di dalam motherboard, microprocessor berkomunikasi dengan komponen yang lain melalui suatu bus atau jalur data. Bus ini telah berkembang dari bus 66, 100, 133, 200, 266, 333, 400, 500, 800 MHz. Perkembangan ini untuk mengimbangi kerja microprocessor yang semakin cepat. Slot ekspansipun mengalami perkembangan. Tabel diagram motherboard biasanya telah disertakan pada saat anda membeli CPU/ Mainboard.

Mati Total

Periksa power supply: Dalam keadaan kabel power di lepas dari power supply, lepaskan socket kabel Atx1 yang terpasang pada Mainboard. Setelah terlepas, pasangkan kembali kabel power, sambungkan/shortkan kabel berwarna hijau dengan kabel berwarna hitam, periksa apakah kipas di power supply berputar? Kalau berputar berarti power supply bagus. Lepas kembali kabel sambungan tadi dan pasang kembali kabel Atx1 ke motherboard. Periksa Jumper Clear CMOS, apakah di posisi Clear atau Free, biasanya kalau motherboard baru, posisi jumper CMOS ada pada posisi Clear. Periksa IC Chipset dalam keadaan tersambung dan di Switch On, apakah panasnya berlebih atau tidak, over heat berarti Chipset tersebut sudah rusak. Untuk part IC CMOS sampai saat ini tidak dijual bebas.

Periksa juga apakah switch on nya berfungsi.
Bongkar Motherboard tersebut secara hati-hati, coba anda bersihkan pakai tiner, kalau bisa gunakan tiner botol jangan yang di kaleng. Setelah bersih anda keringkan. Ganti IC regulator yang terletak disekitar soket Power Atx di motherboard. Ganti Elko yang kapasitasnya 1000 s/d 3300 uf / 10 Volt yang terletak disekitar soket power Atx di motherboard. Hati-hati untuk bongkar pasang komponen pastikan kabel power jangan tersambung ke listrik.

Nyala Tapi Tidak Tampil

Coba anda perhatikan dan dengarkan apakah ada bunyi atau suara bip. Kalau ada, kerusakan biasanya ada di processor, memory dan VGA. Periksa Processor, coba anda pegang pendinginnya apakah panasnya berlebih atau dingin? Kalau panas berlebih berarti kipas processor tidak bekerja dengan baik maka anda ganti, tapi kalau dingin berarti processor tidak bekerja alias rusak. Periksa memory, biasanya kalau memory rusak terdengar suara bip pada speaker sebanyak 3 kali. Dalam keadaan mati, cabut memory bersihkan pinnya menggunakan penghapus pensil sampai bersih, kemudian pasang kembali. Kalau masih rusak berarti ada salah satu IC nya yang rusak. Periksa VGA Card, cabut VGA Card, dalam keadaan mati / off coba anda tekan, ada kemungkinan kurang masuk atau coba anda bersihkan kaki / pin nya. Jika VGA card menggunakan kipas, bersihkan kipas tersebut. Kalau masih tidak tampil coba anda periksa jangan-jangan monitornya yang tidak nyala, untuk memastikannya yang rusak monitor atau CPU, coba anda tekan tuts Numlock pada keyboard, apakah lampu Numlock-nya nyala atau tidak. Kalau nyala berarti kerusakan pada CPU.

Yang menjadi standar saya kalau memperbaiki Komputer, saya selalu membersihkannya dari debu, apakah itu motherboard, memory, cdrom, floppy disk, dll, karena hal tersebut sangat berpengaruh apa lagi kalau komputernya dalam keadaan kotor / lama tidak dibersihkan. Tapi anda harus hati-hati dalam pengerjaannya dan jangan terburu-buru.

Hang Dan Sering Mati / Merestart (Reset) Sendiri
Periksa Power Supply, coba pakai power supply yang lain apakah masih me-restart sendiri atau hang. Kalau setelah diganti power supply ternyata normal/ bagus, berarti power supply ada masalah. Ganti saja karena kalaupun bisa diperbaiki saya sendiri kurang yakin apakah masih bisa berfungsi dengan baik, karena power supply merupakan komponen yang sangat vital. Apalagi untuk saat ini harga power supply sanggat murah, saya sarankan ganti saja. Periksa apakah ada virusnya, program anti virus harus selalu terpasang dan aktifkan auto protect nya. Saya biasa memakai Norton Anti virus. Anda harus sering meng-update antivirus anda karena bila ada virus varian baru, anti virus anda akan mendetect sekaligus menghilangkan virusnya. Pada saat hang dan ada pesan blue screen seperti “eror vxd at address…”, biasanya ada masalah di memory. Bersihkan memory tersebut seperti langkah diatas.

Coba anda install ulang Windows.
Kalau masih hang / me-restart sendiri coba anda periksa di motherboard, anda perhatikan perubahan fisik komponen terutama elko/kapasitor, yang bentuknya bulat hitam ada tulisan kapasitasnya antara 1000 uf/10Volt s/d 3300 uf/10 volt, biasanya terlihat, kalau yang rusak terlihat kembung / bengkak dan mengeluarkan cairan atau karat.
CMOS Checksum Failure (Baterai Low)

Gejala kerusakan & Solusinya :
Muncul pesan CMOS failure (Kerusakan pada baterai CMOS, ganti baterai tersebut) Seting tanggal, time dan konfigurasi lain di BIOS berubah (Setelah baterai diganti, lakukan setting ulang pada BIOS).

(www.luragung.com)

Cara Memperbaiki Flasdisk yang Rusak

Tips Cara Memperbaiki/membetulkan Flash Disk yang mati,untuk bisa memperbaiki flash disk gampang-gampang susa untuk memperbaiki flash disk mati biasanya kamu menghadapi seperti ini :

Saat flash disk tertancap di komputer win XP, sedang dipakai namun tiba-tiba windows hank alias frozen. Setelah komputer di booting paksa dan di hidupkan lagi, ternyata flash disk yang tertancap tadi mati. Falsh disk tidak bisa bekerja lagi. Windows mendeteksi kapasitasnya 0 MB dan mengeluarkan pesan untuk memformatnya. Dicoba untuk di format gagal juga. Akhirnya gak terpakai lagi deh tuh Flash disk.

Kalau memang kasus seperti ini yang anda alami terhadap kerusakan flash disk anda. jangan khawatir kita masih bisa coba untuk menyelamatkan dan menghidupkanya lagi. Berikut ini langkah-langkah untuk memperbaikinya:

1.Softawre yang kita perlukan untuk keperluan ini adalah HP Drive Boot Utility (buatan HP namun jangan khawatir ternyata bisa kita gunakan untuk merek yang lainya. Bahkan untuk memory kamera juga). Anda bisa download di bawah ini.

http://h20000.www2.hp.com/bizsupport/TechSupport/SoftwareDescription.jsp?lang=en&cc=us&mode=3&taskId=135&swItem=MTX-UNITY-I23839

2.Setelah di download,jalankan dan pilih drive untuk falsh disk yang akan diperbaiki
3.Pilih tipe format disk yang mau di gunakan (FAT, FAT32 atau NTFS)
4.Pilih Quick Format
5.Kemudian pilih start untuk memulainya

Sumber : http://copas-blog.blogspot.com

Tips Merawat Komputer

Jika Anda merasa komputer Anda tidak cepat atau lemot berarti, ini saya berikan solusi dalam merawat komputer dengan baik. Dalam bekerja sehari-hari bersama komputer, kadang dengan berbagai sebab komputer mengalami kelambatan atau bahkan kerusakan pada system komputer sehingga sangat mengganggu kinerja komputer itu sendiri maupun karyawan atau pengguna komputer. Bila komputer mengalami kelambatan system kerja ada beberapa penyebab yang perlu diwaspadai diantaranya seperti :

  • Karena Virus.
  • Karena Perangkat hardware
  • Perawatan hardware dan software yang kurang diperhatikan

pada kesempatan ini saya akan bahas mengenai Tips perawatan system komputer,karena yang perlu diperhatikan adalah bagaimana bila hardware komputer sudah siap namun tetap perlu perawatan pada system atau softwarenya,disini kususnya pada System Windows XP atau Vista.

Ada beberapa tips perawatan sytem seperti berikut ini :

  • Usahakan menggunakan software Windows XP atau Vista yang asli, bukan bajakan karena yang asli bisa update selalu ke internet, sehingga sewaktu waktu kebocoran pada system windows bisa ditutup dengan cara update langsung via internet.
  • Anti virus baik yang free atau bayaran sudah di install dan di update.
  • Bersihkan selalu sampah-sampah (registrry) pada system komputer dengan program bantuan otomatis bukan manual, program ini kecil namun sangat bagus untuk merawat system, yaitu menghapus cokies internet, menghapus file-file bekas seperti bak-bak dan paling penting bisa menghapus sisa-sisa registry saat menginstall program baru, bisa juga untuk meng un-install program. Progam ini adalah : Clean Registry, Anda bisa DOWNLOAD LANGSUNG. Setelah itu install di komputer dan klik 2x, pilih menu : Clean Registry, Unnecessary file, clear file, clear cokies, add/ remove dll.
  • Bisa juga dengan membersihkan prefetch dengan cara kita masuk ke explore lalu masuk ke windows lalu pilih prefetch kemudian hapus semua file yang ada di dalamnya.
  • Setelah selesai kemudian Install program tambahan untuk mempercepat kecepatan hardisk dan memory, program ini kecil juga namun dahsyat fungsinya, banyak menu pilihan antara lain : clean error, fix error, speed system, speed disk dll. Program ini namanya : Speeditup, Anda juga bisa Bisa DOWNLOAD LANGSUNG

Nah setelah selesai restart komputer anda…tunggu beberapa saat dan rasakan hasilperubahannya … Untuk pembersihan di registry usahakan di backup dahulu registri ya supaya nanti jika ada kesalahan dapat dikembalikan ke setingan awal lagi. Selamat mencoba dan terima kasih atas kunjungannya, eh sebelum Anda menutup Layar silahkan tinggalkan komentar anda, kritik dan saran sangat berguna bagi saya. terima kasih.

(www.luragung.com)

Cara Setting Internet Handphone

Bingung ingin maen internetan pake Handphone??? Kalo bingung ya pegangan.. hehehheee.. maap dech bercanda.. ekekekee.. Okelah kalo begitu, akan saya coba terapkan dan akan saya coba bahas dalam pembahasan kali ini, (Hem… belaga kaya guru nih).. Pada dasarnya, setting manual internet kartu GSM khusunya sangatlah mudah mudah susah.. Kok mudah-mudah susah??? karena, dibilang mudah ya susah, di bilang susah yang emang susah… wuakkakkaaakkk…

Sebelum menyeting internet, ada kalanya kita harus tahu terlebih dahulu kartunya sudah aktip atau belum.. untuk mengetahui sudah aktip atau belumnya, silahkan hubungi operator masing-masing.. Kalau anda menggunakan IM3 ( maap bukan promosi gan, cuman saya memang pake IM3 si..) untk kartu itu memang sudah aktip.. oh ya, hampir lupa, sebenarnya dalam menyeting intenetuntuk HP itu ada dua jenis, 1. untuk kartu, 2. untuk Handphone. untuk kartu seperti saya sudh bilang, silahkan hubungi operator masing-masing. Disini saya hanya membahas settingan untuk di handphone saja.

Oke, kita mulai… ini dia :

GPRS
Profile Name : TSEL GPRS
APN : Telkomsel
User name : wap
Password : wap123
Authentication : Normal
Gateway IP address : 10.1.89.130
Homepage : http://wap.telkomsel.com
Data Bearer : GPRS
Proxy port number : 9201 atau 8000

MMS
Connection Name: tel-MMS
Data Bearer: GPRS
Access Point Name: mms
Username: wap
Prompt Password: No
Password: wap123
Authentication: Normal
Proxy address: 10.1.89.150
Homepage: http://mms.telkomsel.com/
Connection Security: Off

XL
Setting OTA via SMS ;
Ketik SMS dengan isi : GPRS[spasi][spasi] Kirim ke 9667
Ketik SMS dengan isi : MMS[spasi][spasi] Kirin ke 9667

Setting Manual :
GPRS
Connection Name: XL-GPRS
Data Bearer: GPRS
Access Point Name: www.xlgprs.net
Username: xlgprs
Prompt Password: No
Password: proxl
Authentication: Normal
Homepage: http://wap.lifeinhand.com
Connection Security: Off
Session Mode: Permanent
IP Address: Automatic
Proxy Server Address: 202.152.240.050
Proxy Port Number: 8080

MMS
Connection Name: XL-MMS
Data Bearer: GPRS
Access Point Name: www.xlmms.net
Username: xlgprs
Prompt Password: No
Password: proxl
Authentication: Normal
Homepage: http://mmc.xl.net.id/servlets/mms
Connection Security: Off
Session Mode: Permanent
IP Address: Automatic
Proxy Server Address: 202.152.240.050
Proxy Port Number: 8080

3 (THREE)
Setting Manual :
GPRS

Settings’ Name: 3-GPRS
Homepage : http://wap.three.co.id/
Proxies : Enable
Proxy address : 10.4.0.10
Port : 3128
GPRS access point : 3gprs
Authentication type : Normal
Login type : Automatic
Username : 3gprs
Password : 3gprs

MMS
Settings’ name : 3-MMS
Homepage : http://mms.hutch.co.id/
GPRS access point : 3mms
Authentication type : Normal
Username : 3mms
Password : 3mms
Allow adverts : No

KARTU AXIS

Parameter Umum GPRS
Connection Name : AXIS
Data Bearer : GPRS atau PS
Access Point Name (APN) : AXIS
Username : AXIS
Prompt Password : No
Password : 123456
Authentication : Normal
Gateway/Proxy IP Address : 10.8.3.8
Gateway/Proxy Port : 9201 atau 8080
Homepage : http://wap.axisworld.co.id
Connection Security : Off
Session Mode : Permanent

Parameter Umum MMS
Connection Name : AXISmms
Data Bearer : GPRS atau PS
Access Point Name (APN) : AXISmms
Username : AXIS
Prompt Password : No
Password : 123456
Authentication : Normal
Gateway/Proxy IP Address : 10.8.3.8
Gateway/Proxy Port : 9201 atau 8080
Homepage / MMS Server : http://mmsc.AXIS
Connection Security : Off
Session Mode : Permanent

Untuk lebih detailnya, dikoment aja ya gan??? OKe…


(www.luragung.com)


Pentingnya Belajar Teknologi Informasi & Komunikasi

Saat ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin maju dan berkembang dengan pesat. Dengan perkembangannya kita semua dapat memperoleh semua informasi yang kita inginkan dari berbagai pejuru dunia dengan cepat dan mudah, buktinya dengan media televisi dan internet yang saat ini sudah dikembangkan dapat kita akses dengan mudah untuk memperoleh informasi yang kita inginkan tersebut. Dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi rasa-rasanya peran teknologi komputer sangat besar, walaupun televisi juga ikut berperan dalam mengembangkan dunia teknologi informasi dan komunikasi tetapi pada kenyataannya teknologi komputerlah yang mampu berkembang dari masa kemasa dengan cepat. Tanpa kita sadari teknologi saat ini yang kita peroleh semakin mempermudah kita untuk mendapatkan sebuah informasi yang aktual dan mampu membuat kita berkomunikasi dengan dunia luar dengan mudah, jadi kalau Anda ingin mengenal sekaligus menguasai teknologi komputer Anda harus mempelajari dulu pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
(www.jurug.com)

Sabtu, 03 Juli 2010

Komputer & Pendidikan

Tanggung jawab sekolah yang besar dalam memasuki era globalisasi adalah mempersiapkan siswa untuk mengahadapi tantangan-tantangan dalam masyarakat sangat cepat perubahannya. Sala satu dari tantangan yang dihadapi oleh para siswa adalah menjadi pekerja yang bermutu. Kemampuan berbicara dalam bahasa asing dan kemahiran komputer merupakan dua kriteria utama yang pada umumnya diajukan sebagai syarat untuk memasuki lapangan kerja di Indonesia ( dan di seluruh dunia ). Mengingat sekitar 20-30 % dari lulusan SMU di seluruh wilayah Nusantara ini yang melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi, dan dengan adanya komputer yang telah merambah di segala bidang kehidupan manusia, maka dibutuhkan suatu tanggung jawab yang besar terhadap system pendidikan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan kemahiran komputer bagi para siswa kita.

Biaya yang dibutuhkan untuk mempersiapkan belajar komputer di sekolah akan mahal.

  • Bagaimana pemerintah akan mampu membiayai pembangunan ini ?
  • Memberikan apa yang dibutuhkan, bagaimana pemerintah dapat mengelak untuk tidak membiayai pembangunan ini ?
  • Apakah pemerintah harus membiayai secara penuh untuk pembangunan ini ?

Dalam menghadapi masalah ini beberapa sekolah swasta dan negeri yang telah mengambil langkah maju. Pada beberapa sekolah mereka telah membangun hubungan yang sangat erat dengan masyarakat setempat dan melakukan sebuah lompatan yaitu dengan mengundang para masyarakat penyumbang untuk membangun fasilitas dasar komputer. Sekolah ini telah membuktikan bagaimana mengatasi salah satu masalah terbesar dalam pengenalan teknologi ke sekolah-sekolah di Indonesia secara berkesinambungan. Keefektifan system yang berkesinambungan ini sudah tumbuh lama ketika masyarakat setempat memahami bagaimana pentingnya teknologi bagi anak-anak mereka. Dalam hal ini kami telah mempelajari bahwa, sekolah-sekolah yang bekerjasama dengan masyarakat setempat untuk membangun fasilitas cenderung berkembang secara teratur dan juga meningkatkan dukungan dari masyarakat setempat.

Kesinambungan adalah faktor utama. Pada program di masa lalu untuk menyediakan teknologi ke sekolah kebanyakan mencapai sedikit sukses dalam jangka waktu yang cukup lama dan jarang sekali menunjukkan perkembangan. Persyaratan mengenai laboratorium bahasa adalah contoh yang umum. Biasanya ada enam masalah utama, yaitu ;

  • Anggaran untuk perawatan fasilitas awal tidak tersedia.
  • Pelatihan biasanya terlalu spesifik dan tidak berhubungan dengan kebutuhan di lapangan atau perubahan sikap.
  • Tidak tersedianya karyawan untuk perawatan rutin dan pengembangannya.
  • Tidak tersedianya teknisi ahli atau terlalu mahal
  • Materi yang sesuai untuk mengajar tidak tersedia
  • Lemahnya kondisi kerja guru di lapangan mendorong bahwa mereka tidak dapat membagi waktu untuk mengembangkan materi mengajar secara kreatif.

Masalah-masalah ini menjadi lebih luas dalam hal komputer karena tingkat keahlian yang diminta untuk mengembangkan dan merawat fasilitas tersebut sangat tinggi serta kemahiran komputer mempunyai nilai jual yang sangat tinggi pula. Saran untuk memberi pelatihan karyawan di sekolah tidak berlaku dalam konteks yang ada saat ini. Karena siapa saja yang mengembangkan diri untuk mencapai posisi tingkat ahli, mereka di sektor komersil dapat menghasilkan sepuluh kali lipat dari apa yang mereka dapat di sekolah, jadi mungkin saja mereka akan menghabiskan waktu dengan pekerjaan dari luar kantor (hal ini juga menjadi masalah pada karyawan yang memiliki kemampuan di bidang jasa umum).

Bagaimana caranya di beberapa sekolah berhasil membeli komputer, yang mahal dan memerlukan biaya perawatan yang cukup tinggi?

Hanya sedikit sekolah yang berlokasi dilingkungan yang makmur, di mana kelompok orang tua-guru dapat mencapai sejumlah besar uang secara mudah. Walaupun begitu beberapa sekolah yang lain berada di tengah lingkungan di mana tingkat social-ekonominya rendah, tetapi mereka juga berhasil mencapai tingkat yang sama dalam hal pencapaian di bidang pengembangan komputer dan fasilitas lain di lingkungan sekolah mereka. Dua contohnya yaitu SMUN 2 Wonosari di Daerah Istimewa Yogyakarta dan SMUN 23 di Bandung, Jawa Barat. Pendekatan awal yang dilakukan mereka terhadap pengembangan sekolah adalah serupa tapi tak sama. Keduanya menyusun kerberhasilan mereka dengan cara kooperatif dan bekerjasama dengan masyarakat setempat. Walaupun demikian SMUN 2 di Wonosari bergantung kepada penentuan dan pengembangan dari para karyawan itu sendiri. Sedangkan SMUN 23 di Bandung berinisiatif menentukan programnya melalui peranan enterprenur dan mendapatkan sumbangan dari masyarakat dan industri.

Tanpa mengindahkan cara pendekatan yang di tetapkan, sekolah anda dapat memutuskan untuk mengambil beberapa butir penting, yaitu sekolah harus benar-benar obyektif, berkomunikasi pro-aktif terhadap tujuan tersebut, menguntungkan masyarakat setempat dan harus terbuka serta 100 % transparan. Hal ini penting sekali bahwa pengembangan harus direncanakan dengan seksama sehingga meningkatkan kwalitas lulusan pendidikan bagi siswa dapat secara mudah dibicarakan dengan masyarakat. Akan mengherankan sekali jika melihat berapa jumlah dukungan ekstra yang akan dicapai dari masyarakat apabila dibangun suatu "kepercayaan" dan mereka "memahami" akan keuntungannya bagi anak-anak mereka.

Peralatan - perangkat keras apa saja yang diperlukan?

Peraturan yang ada sekarang ini, membatasi jumlah maksimum per kelas untuk 48 siswa. Sementara itu untuk kebutuhan ideal tersebut diperlukan 48 komputer, hal ini menjadi target yang tidak realistis bagi semua sekolah di Indonesia saat ini. Beberapa sekolah telah menunjukkan kepada kami bahwa mereka memulai keberhasilan program ekstra-kurikuler sekolahnya hanya dengan jumlah komputer yang terbatas, melalui penjadwalan ketat. Penulis percaya bahwa target realistis terdekat dalam pertengahan waktu adalah menjadi 24 komputer. Pada kenyataannya hampir seluruh kelas berisi di bawah 48 siswa jadi angka perbandingan bagi siswa terhadap komputer tidak lebih dari 2 :1. Berbagi komputer selama masa awal tahap pelatihan komputer dapat memberikan keuntungan untuk membantu membangun rasa percaya diri dan juga memberikan kesempatan kepada siswa yang lebih mahir, sehingga mereka dapat membantu siswa yang lemah (meningkatkan efisiensi guru). Hal ini bukan berarti sekarang anda harus membeli 24 komputer. Anda bisa memulai program dasar ekstra-kurikuler hanya dengan 2 komputer. Yang terpenting adalah anda memiliki rencana, membuat pengaturan untuk melatih dan memepersiapkan karyawan anda, serta mulai untuk membicarakan masalah komputer tersebut. Penulis pernah mengajar kelas Internet hanya menggunakan satu komputer saja.

CATATAN :

Hampir semua supplier komputer di Indonesia akan melakukan install program apapun sesuai dengan permintaan, demi kepentingan agar komputer tersebut dibeli. Ini adalah salah satu alasan akan sangat pentingnya perencanaan matang mengenai tujuan pelatihan dalam rangka nantinya untuk mengetahui program apa saja yang diminta dan menghemat biaya program (software). Walaupun begitu saya akan merekomendasikan bahwa paling tidak 20 % (lebih disukai semuanya) dari komputer anda memiliki CD ROM drive jadi apabila program spesial yang diminta tetap, maka CD dapat dipergunakan.

Dari pengalaman kami di sekolah-sekolah kelihatannya kebutuhan printer di sekolah minimum 2 (dua).

Desain Dasar Laboratorium Komputer

Tata letak
Tidak Bagus

Tata letak Tidak Bagus

Tata letak laboratorium ini sangat umum, namun demikian dari sisi pembelajaran hal ini terbatas sekali.

  • Jarak pandang siswa sangat rendah (khususnya dari bagian belakang).
  • Gurunya tidak bisa lihat kegiatan siswa.
  • Jalan bagi guru untuk bekerja dengan siswa secara individual sangat sukar.
  • Pemasangan kabel sangat sukar dan perlu kabel di bawah lantai (tidak mudah diubah).
  • Para siswa mudah sekali menabrak peralatan ketika masuk dan keluar (masalah kepercayan).
  • Jika sala satu computer memerlukan perhatian (atau perbaikan kecil) di muka kelas hal itu akan mengganggu semua siswa.

Tata letak
Bagus

Tata letak Bagus

Tata letak laboratorium ini jauh lebih baik dari sisi pembelajaran.

  • Para siswa dapat berputar di kursi mereka dan jarak pandang cukup baik.
  • Guru dapat memantau kegiatan semua siswa selama belajar.
  • Jalan bagi guru untuk bekerja secara individual dengan siswa sangat bagus.
  • Pemasangan kable sangat mudah dan mudah pula di modifikasi.
  • Para siswa tak berhubungan dengan kabel (di belakang) dan dapat di andalkan.
  • Jika ada komputer yang memerlukan perhatihan (atau perbaikan kecil) siswa lain tak terganggu.
  • Jika manapun ruang Anda cukup luas bagian tengah memungkinkan guru untuk mengajarkan prinsip-prinsip pada awal pelajaran atau untuk mengkaji ulang masalah umum yang banyak atau semua siswa menghadapinya, jauh lebih lewes.
Rekomendasi Tata letak

Kami menyarankan apabila anda belum berpengalaman dan ingin membeli peralatan computer, software atau memasang fasilitas Internet gunakanlah Pendidikan Net FORUM untuk meminta saran dan bantuan dari pihak pendidikan yang berpengalaman. Sebaiknya peralatan dibeli dari suplier lokal supaya mudah mendapat bantuan dan servis. Bandingkanlah harga dan garansinya sebelum memesan dan membeli barang.

Phillip Rekdale (1999)
Konsultan Pendidikan & Teknologi
P.Rekdale@KonsultasiPendidikan.Com

Perbedaan Pendidikan Ilmu komputer dengan Pendidikan guru TIK

R Indra Firmansyah;
pak..
apa sih perbedaan Pendidikan Ilmu komputer dengan Pendidikan guru TIK ?
terima kasih sebelumnya

Phillip Rekdale;
Terima kasih, saya hanya dapat menyampaikan interpretasi saya sendiri, mungkin interpretasi di lembaga di sini lain.

Re: Pendidikan Ilmu Komputer: Pendidikan mengenai teknologi dan applikasinya, bukan mengenai cara melaksanakan pembelajaran kurikulum TIK yang paling efektif.

Yang sering menjadi masalah adalah yang ahli teknologi belum tentu dapat menyampaikan ilmunya secara efektif. Ini sering sekali menjadi di perguruan tinggi di luar negeri. Kalau ingin menjadi guru di sekolah anda harus membuktikan bahwa anda sudah lulus kursus "jurusan metodologi dan praktek pendidikan" dulu di Departemen Pendidikan.

Tetapi kalau anda ingin menjadi dosen di perguruan tinggi sering sekali itu ijasa yang dinilaikan saja dan belum tentu dosennya mempunyai kemampuan mengajar secara efektif sama sekali. Di luar negeri saya sering mendengar mahasiswa bilang "They learned in spite of their lecturer" Maksudnya mereka sudah belajar, walapun dosennya tidak kompeten. Satau lagi: If you can, do.., If you can't, teach... If you can't teach, become a lecturer... Maksudnya 'kalau anda pintar bisnis melakukan... Kalau anda pintar teori bisnis tetapi tidak bisa berhasil, mengajar bisnis... Kalau anda pintar teori bisnis tetapi tidak dapat berhasil atau mengajar, menjadi dosen.... :-)

Lebih parah lagi di bidang komposit misalnya Teknologi Pendidikan yang perlu banyak ilmu dan pengertian khusus, misalnya prinsip-prinsip untuk memilih teknologi yang tepat untuk menjamin pembelajaran yang paling efektif. Kalau dosennya tidak memiliki ilmu ini beliau biasanya menggunakan teknologi seperti LCD terus dan mahasiswanya belajar secara pasif terus dan tidak diaktifkan dalam pembelajarannya (group-work, diskusi, investigasi, belajar secara mandiri, peer discussion, dll) - untuk apa membuat kelas akhirnya, mereka dapat membaca di rumah?

Jadi dosennya sendiri tidak mencontohkan teknik menggunakan teknologi pendidikan secara efektif dalam pengajaran. Yang mungkin lebih penting dosennya tidak menunjukan kreativitas atau mengajak kreativitas dan mengarah ke suap-suapan saja. Fiture-fitur seperti animasi dan film di dalam media hanya meningkatkan sifat pasif, bukan mengaktifkan pembelajaran.

Biasanya itu kegiatan belajar yang menggunakan teknologi yang sederhana, misalnya "pena" untuk mendemonstrasikan gravity yang harus diinvestigasikan oleh pelajar dan membuat laporan secara group yang paling efektif dibanding presentasi (termasuk animasi) di LCD, yang berbasis Asal Hafal Saja dan hanya menggunakan teknologi yang tidak menghadapi "multiple cognitive styles" yang adalah prinsip dasar Teknologi Pendidikan. Lebih baik kalau ingin menggunakan animasi dipakai setelah group-work untuk menkonsolidasikan pembelajaranya.

Re: "Pendidikan Guru TIK"
SDMnya sudah disiapkan dengan ilmu teknologi tetapi juga ilmu untuk mengajar secara efektif.

Salam Teknologi

14 Tips Berinternet Secara Cerdas

(Oleh Heru Sutadi)

1. Internet adalah gudang ilmu, gunakan semaksimal mungkin untuk mencari informasi yang menunjang pelajaran, kuliah, penelitian, pekerjaan dan hal-hal yang mencerdaskan lainnya.

2. Jangan mengumbar atau memberikan data diri Anda dengan mudah di Internet, sebab data diri Anda bisa saja disalahgunakan pihak lain.

3. Internet bersifat anonimous, mengaku perempuan tapi lelaki, bernama X tapi ternyata Y, tinggal di kota A tapi sesungguhnya di B, sehingga jangan percaya begitu saja akan informasi yang disampaikan.

4. Jejaring sosial seperti Facebook, Friendster, Twitter, My Space dan sebagainya baik untuk mempererat tali silaturahmi, berdiskusi akan banyak hal, tapi gunakanlah secara bijak, atur waktu mengakses agar tetap produktif dan jangan sembarangan menerima ajakan ”kopi darat”/bertemu dengan orang yang belum dikenal.

5. Internet mempermudah transaksi bisnis, perbankan maupun jual-beli barang, untuk itu gunakan transaksi dengan tingkat security yang aman, berhati-hati dengan nomor kartu kredit, PIN e-banking, sebab penjahat internet siap mengintai setiap saat.

6. Bagi orang tua, dampingi putra-putri saat mengakses internet dan berikan penjelasan serta batasan apa saja yang boleh diakses.

7. Untuk membatasi putra-putri yang di bawah umur mengakses situs pornografi.pornoaksi, gunakan program-program filter (seperti netnanny, K9 web protection) di komputer sehingga akses internet dapat terbatasi untuk situs-situs yang aman saja.

8. Saat ini, koneksi internet Indonesia yang terhubung ke luar negeri memerlukan kapasitas lebar pita yang besar, untuk itu utamakan membuat dan mengakses konten-konten lokal dan tidak mendownload file-file yang tidak perlu dari situs di luar negeri.

9. Selalu log out setelah Anda log in suatu aplikasi maupun transaksi apapun. Keadaan tetap log in beresiko jika ada pihak lain yang kemudian melanjutkan aplikasi maupun transaksi terutama untuk akses internt di tempat umum seperti Warnet.

10. Bahasa tulis berbeda dengan bahas lisan, sehingga gunakanlah tata bahasa yang baik dan tidak menimbulkan salah pengertian pihak lain. Kalaupun dirasa ada yang tidak pas dengan bahasa yang tertulis, pemakluman diperlukan mengingat tingkat pendidikan dan pengalaman yang berbeda ataupun kesulitan dalam menerjemahkan bahasa lisan ke tulisan, apalagi internet terutama dengan booming jejaring sosial, masih merupakan ”mainan’ baru bagi kita semua.

11. Internet bukan wilayah bebas tanpa hukum, dimana kejahatan yang dilakukan secara off line (tradisional) kemudian beralih dengan memanfaatkan teknologi informasi (online) kini juga dapat diproses secara hukum. Penjahat cyber seperti cracker, carder, pencuri data/informasi elektronik kini juga dapat dijerat secara hukum. Begitu juga bagi pihak-pihak yang melakukan penipuan, pemerasan, atau penghinaan/pencemaran nama baik secara online.

12. Perhatikan soal hak cipta saat menyalin (copy-paste) maupun menyebarkan tulisan, gambar atau video dari pihak/situs lain agar tidak ada tuntutan dikemudian hari.

13. Tidak memproduksi maupun menyebarkan spam, virus, HOAX, termasuk juga gambar/foto pornoaksi dan pornografi, terutama pornografi anak.

14. Karena akses internet berbiaya, terutama yang menggunakan waktu (seperti dial up ataupun di warnet-warnet) maupun volume, maka gunakan internet seperlunya agar biaya tidak membengkak. Kalaupun bersifat unlimited, tetap matikan akses jika sudah tidak dipakai agar jika ada pengguna lain yang ingin menggunakan, mendapatkan kualitas layanan yang seperti diharapkan.

Heru Sutadi: HeruSutadi@Hotmail.Com

14 Tips Berinternet Secara Cerdas

(Oleh Heru Sutadi)

1. Internet adalah gudang ilmu, gunakan semaksimal mungkin untuk mencari informasi yang menunjang pelajaran, kuliah, penelitian, pekerjaan dan hal-hal yang mencerdaskan lainnya.

2. Jangan mengumbar atau memberikan data diri Anda dengan mudah di Internet, sebab data diri Anda bisa saja disalahgunakan pihak lain.

3. Internet bersifat anonimous, mengaku perempuan tapi lelaki, bernama X tapi ternyata Y, tinggal di kota A tapi sesungguhnya di B, sehingga jangan percaya begitu saja akan informasi yang disampaikan.

4. Jejaring sosial seperti Facebook, Friendster, Twitter, My Space dan sebagainya baik untuk mempererat tali silaturahmi, berdiskusi akan banyak hal, tapi gunakanlah secara bijak, atur waktu mengakses agar tetap produktif dan jangan sembarangan menerima ajakan ”kopi darat”/bertemu dengan orang yang belum dikenal.

5. Internet mempermudah transaksi bisnis, perbankan maupun jual-beli barang, untuk itu gunakan transaksi dengan tingkat security yang aman, berhati-hati dengan nomor kartu kredit, PIN e-banking, sebab penjahat internet siap mengintai setiap saat.

6. Bagi orang tua, dampingi putra-putri saat mengakses internet dan berikan penjelasan serta batasan apa saja yang boleh diakses.

7. Untuk membatasi putra-putri yang di bawah umur mengakses situs pornografi.pornoaksi, gunakan program-program filter (seperti netnanny, K9 web protection) di komputer sehingga akses internet dapat terbatasi untuk situs-situs yang aman saja.

8. Saat ini, koneksi internet Indonesia yang terhubung ke luar negeri memerlukan kapasitas lebar pita yang besar, untuk itu utamakan membuat dan mengakses konten-konten lokal dan tidak mendownload file-file yang tidak perlu dari situs di luar negeri.

9. Selalu log out setelah Anda log in suatu aplikasi maupun transaksi apapun. Keadaan tetap log in beresiko jika ada pihak lain yang kemudian melanjutkan aplikasi maupun transaksi terutama untuk akses internt di tempat umum seperti Warnet.

10. Bahasa tulis berbeda dengan bahas lisan, sehingga gunakanlah tata bahasa yang baik dan tidak menimbulkan salah pengertian pihak lain. Kalaupun dirasa ada yang tidak pas dengan bahasa yang tertulis, pemakluman diperlukan mengingat tingkat pendidikan dan pengalaman yang berbeda ataupun kesulitan dalam menerjemahkan bahasa lisan ke tulisan, apalagi internet terutama dengan booming jejaring sosial, masih merupakan ”mainan’ baru bagi kita semua.

11. Internet bukan wilayah bebas tanpa hukum, dimana kejahatan yang dilakukan secara off line (tradisional) kemudian beralih dengan memanfaatkan teknologi informasi (online) kini juga dapat diproses secara hukum. Penjahat cyber seperti cracker, carder, pencuri data/informasi elektronik kini juga dapat dijerat secara hukum. Begitu juga bagi pihak-pihak yang melakukan penipuan, pemerasan, atau penghinaan/pencemaran nama baik secara online.

12. Perhatikan soal hak cipta saat menyalin (copy-paste) maupun menyebarkan tulisan, gambar atau video dari pihak/situs lain agar tidak ada tuntutan dikemudian hari.

13. Tidak memproduksi maupun menyebarkan spam, virus, HOAX, termasuk juga gambar/foto pornoaksi dan pornografi, terutama pornografi anak.

14. Karena akses internet berbiaya, terutama yang menggunakan waktu (seperti dial up ataupun di warnet-warnet) maupun volume, maka gunakan internet seperlunya agar biaya tidak membengkak. Kalaupun bersifat unlimited, tetap matikan akses jika sudah tidak dipakai agar jika ada pengguna lain yang ingin menggunakan, mendapatkan kualitas layanan yang seperti diharapkan.

Heru Sutadi: HeruSutadi@Hotmail.Com

Kapan Kita Akan Mempunyai "1 Komputer Untuk Satu Siswa"?

"1 Komputer Untuk Satu Siswa, Atau Berapa Rasio Yang Terbaik?"
(Apakah Ini Hanya Pertanyaan Akademik?)


Dari Witri Khotimah: "kebetulan pa, topik yg anda bahas, merupakan tema yg saya buat untuk dijadikan proposal penelitian.. kalau kata dosen saya, bisa jadi satu komputer dipakai oleh 2orang atau lebih jadi lebih efeltig karena disitu ada unsur cooperative... learning dngn temannya. Tapi, memang belum ada statistik atau penelitian ilmiah yg membuktikannya."

Phillip Rekdale @Witri Khotimah - Terima kasih.

Kemarin saya membaca kwotasi ini dari salah satu presiden AS dulu yang menjawab kepada seorang yang tanya "Kalau seorang laki-laki badannya seharusnya setinggi apa?

Jawabannya: "Cukup tinggi supaya bumi adalah terjangkau oleh kakinya"

Kita mungkin dapat membuat banyak interpretasi sendiri masing-masing. Menurut saya, yang maksudnya adalah kaki kita harus tetap ada di bumi. Maksudnya kita tetap ada di dunia nyata... "Keep your feet on the ground".

Asumpsi seperti "satu komputer dipakai oleh 2orang" seharusnya berbasis keadaan, kenyataan dan kemungkinan.

Karena waktu menuju "obsolescence" (waktu di mana sesuatu sudah terlalu ketinggalan zaman) yang sangat membatasi periode implementasi, maupun manfaatnya pertanyaan seperti ini adalah sangat penting:

"Kapan kita dapat mencapaikan tujuan 'satu komputer untuk satu siswa /2 siiswa /5 siswa, dll. (time-line).

Tanpa data begini membahas topik "berapa komputer" hanya ada pembahasan akademik yang tidak dapat berkontribusi kepada ilmu yang berbasis kenyataan di negara kita (tidak berbasis-rialisme). Jadi untuk apa? Misalnya saya mempunyai delapan (8) komputer untuk satu orang, dan kadang-kadang merasa kurang :-)

Kenyataan: "Sekarang satu komputer untuk 2.000 siswa" Harapan (dan target) Kemendiknas adalah Satu komputer untuk 20 siswa pada tahun 2015 (pas cukup untuk belajar mata pelajaran TIK, tetapi tidak cukup sama sekali untuk mulai menggunakan pembelajaran berbasis-tik kan?). Jadi, kalau kita berani mimpi, satu komputer untuk dua (2) siswa mungkin terjadi kepada tahun berapa?

Naa... kalau kita ingat bahwa semua komputer yang ada sekarang akan obsolete dan perlu diganti, maupun banyak yang kita beli sekarang sampai dua tahun ke depan akan hampir obsolete kepada tahun 2015 sebaiknya anda mulai dengan kalkulator (dan rumus) dulu untuk mengkalkulasikan tahun berapa kita dapat berharap ada satu komputer untuk 2 siswa? Masih dalam milenium ini? - Ini sangat menarik :-)

Emmm... 300.000 sekolah, berapa siswa-siswi?

*** Yang perlu diingat adalah setiap 5 tahun semua komputer yang ada perlu diupdate atau diganti :-)

Apakah, setiap 5 tahun kita harus mulai dari "0" lagi?


Di korporate sektor bi beberapa negara periode obsolescence di kantor adalah 2-3 tahun, bukan 5.

Naa... ini belum termasuk biaya untuk perawatan dan suku cadang selama 5 tahun itu.

Ada kemungkinan juga bahwa pada 10 tahun depan semua teknologi seperti kita tahu sekarang sudah masuk museum:)


Naa... kalau melihat dari kenyataan di lapangan di mana:

"Puluhan ribu sekolah dalam keadaan rusak atau ambruk termasuk 70% sekolah di DKI Jakarta - Di Jakarta Saja, 179 Sekolah Tidak Layak Pakai! - Hampir 80% Gedung Sekolah di Pesawaran Rusak, dll","Jumlah ruang kelas (SD dan SMP) rusak berat juga meningkat, dari 640,660 ruang kelas (2000-2004 meningkat 15,5 persen menjadi 739,741 (2004-2008)." (ICW) - Kelihatannya makin lama makin banyak sekolah yang rusak!

Kalau sekolah saja tidak dapat dirawat, bagaimana nasibnya jutaan komputer?

"Mendiknas : Dana Pendidikan (20% - Rp214 triliun) Masih Terlalu Kecil"

"Guru yang Tak Sanggup Sekolahkan Anaknya"

"Kenaikan Gaji Guru Masih Mimpi"


Apa Isu-Isu Pendidikan Yang Terpenting Di Negara Kita, Sebenarnya?

Salam Teknologi Pendidikan

Phillip Rekdale Catatan:

Ini adalah isu mengenai mutunya perencanaan dan kebijakan nasional sebenarnya, bukan isu mengenai kebutuhan teknologinya.
Itu lain..... Silakan membaca: http://teknologipendidikan.com/kebijakan-ict.html

Re: "Cukup tinggi supaya bumi adalah terjangkau oleh kakinya" (di atas)

Mungkin perlu dijelaskan bahwa satu interpretsi lain (yang terkait) adalah "Tinggi-nya orang tidak penting - Yang dilakukan sebagai orang adalah yang penting"

Ayo, mari kita melakukan yang terbaik untuk negara kita!

Re: "Tanpa data begini membahas topik "berapa komputer" hanya ada pembahasan akademik yang tidak dapat berkontribusi kepada ilmu yang berbasis kenyataan di negara kita (tidak berbasis-rialisme). Jadi untuk apa?"

Mungkin perlu diingatkan bahwa fokus saya adalah perkembangan pendidikan dan teknologi "secara nasional", (pendidikan bermutu untuk semua) dan target saran saya adalah Kemendiknas dan Universitas Negeri yang wajib untuk berfokus kepada isu-isu penting, dan dapat dilaksanakan secara nasional, bukan di sekolah tertentu.

Isu "rasio komputer untuk siswa" di sekolah adalah topik yang dapat dibahas selama hidup, tetapi adalah sangat terkait dengan tujuan pembelajaran. Seperti saya sibut di bagian "Lab Komputer", pelajar juga perlu waktu di komputer masing-masing di lab.

Rasio Komputer : Siswa Di Kelas:

Ada yang bilang bahwa harus 1:1 (dengan dua monitor supaya dapat menggunakan teknologi dua layar seperti Windows di laptop, supaya siswa-siswi dapat kerjakan tugasnya sambil membaca informasi dan data di layar kedua.

Ada yang lain bilang 0:1 (tidak perlu komputer di ruang kelas, berarti hanya di lab komputer dan perpustakaan - berbasis-pedagogi dan pengalaman menggunakan komputer di kelas),

Pilihan Saya: 0:1 (tidak perlu komputer di ruang kelas, berarti hanya di lab komputer dan perpustakaan [atau ruang khusus komputer] - berbasis-pedagogi dan pengalaman saya menggunakan komputer di kelas). * Tetapi ada cukup komputer yang disediakan di "Resource Centre" yang dapat digunakan sesuai tujuan pembelajaran dan Appropriate Technologi (berbasis-kebutuhan).

Kalau LCD dan komputer ada di setiap kelas resikonya guru-guru akan memakai secara rutinitas dan pembelajaran akan sangat-sangat pasif dan mutu pendidikan dapat menurun - (Opini Saya - Berbasis-Kemampuan-Guru/Dosen terhadap efektivitas dan manfaatnya teknologi ICT Sekarang).

Kita perlu meningkatkan Pembelajaran Aktif di semua kelas:
http://teknologipendidikan.com/mengaktifkansiswa.html

Tetapi di negara maju saja ekonomiks dan beban untuk anggaran pendidikan masih adalah faktor yang sangat ditimbangkan, jadi akhirnya masih mengarah ke cara melaksanakan mutu pembelajaran yang terbaik untuk mencapaikan pendidikan yang bermutu tetap "Pembelajaran Kontekstual" - Pembelajaran Aktif Berbasis-Kontekstual (yang relevan).

Komputer sebagai "salah satu alat yang mungkin dapat membantu di dalam kelas". Di LN masih ada banyak guru yang jarang sekali memakai komputer di kelas dan mutu pendidikan mereka adalah betul-betul "tingkat dunia".

Lebih baik kalau hasil penelitian mahasiswa/i maupun dosen adalah berbasis-kenyataan kita, yang dapat sebagai reference yang berguna di negara kita.

Re: "Emmm... 300.000 sekolah, berapa siswa-siswi?"

Saya dengar kemarin di TV bahwa ada 50 juta murid di Indonesia. Kalau itu benar kita akan perlu 25 juta komputer untuk rasio 1:2 yang perlu diganti/diupgrade setiap 5 tahun. Biayanya berapa? Masuk akal? "Dana 20% - Rp214 triliun Masih Terlalu Kecil"

Mengapa program Pembelajaran Berbasis-ICT sangat didukung oleh bisnis-bisnis komputer dan Internet?

Salam Teknologi Pendidikan

Tityen Irawan slam TP,pak phlip dr pnglman sy mngjar TIK.mngjar dg kmputr 1ank stu,lbih mudh&efektif krn siswa tu bsa lebih aktif&mo brfkir jika kerj sndri.

Tityen Irawan ttpi jika 1kmptr wat 2/3ank,mreka lbih cenderung main2&tiap ada tugas mreka lebih mngandalkn temnnya y lebih pintr.akhirny ank tidak dapt bljar optimal

Phillip Rekdale @Tityen Irawan - Terima kasih (Khusus Lab Komputer)

Silakan membaca saran-saran saya sebelumnya. Saya ingin untuk Pembelajaran TIK (Mata Pelajartan TIK) semua siswa-siswi mempunya komputer masing-masing, sesuai target Kemendiknas "satu komputer untuk 20 siswa" - tahun 2015 (pas cukup untuk belajar TIK saja :-) karena Pelajaran TIK adalah penting untuk semua anak dari SD sampai S3.

Salah satu contoh lab yang saya melihat waktu kerja di Kemendiknas adalah di Kota Jember (gambar ke2): http://e-pendidikan.com/comp.html#dasar

Dengan desain ini adalah banyak keuntungan.

Saya memang suka sekolah dan sifatnya MAN 1 Jember. http://schooldevelopment.net/jember.html

Salam Teknologi Pendidikan

Phillip Rekdale @Tityen Irawan slam TP, (Khusus Lab Komputer)
Re: "pak phlip dr pnglman sy mngjar TIK.mngjar dg kmputr 1ank stu,lbih mudh&efektif krn siswa tu bsa lebih aktif&mo brfkir jika kerj sndri. - ttpi jika 1kmptr wat 2/3ank,mreka lbih cenderung main2&tiap ada tugas mreka lebih mngandalkn temnnya y lebih pintr.akhirny ank tidak dapt bljar optimal"

Dulu tahun 90an saya pernah mengajar kelas (TIK) dengan satu komputer (karena hanya ada satu :-) dan pengalamannya sangat menarik. Saya membuat beberapa kegiatan berkelompok di mana tugasnya (topik masing-masing) berbasis-problem solving (yang sederhana dengan cukup informasi supaya mereka dapat berhasil).

Setelah itu mereka (berkelompok) harus ke depan kelas dan mengajar semua pelajar yang lain mengenai topik mereka sambil demonstrasikan di komputer. Komputer ditempatkan pas di depan pelajarnya dan mereka dapat ngintip cukup supaya bisa ikut.


Ini cukup berhasil dan kelasnya selalu sangat aktif karena mereka tahu bahwa mereka nanti harus presentasi terus...

Saya sebut (untuk Lab Komputer) bahwa sebaiknya ada komputer masing-masing karena jelas prakteknya kurang dan sebaiknya mereka mempunyai sedikit kebebasan masing-masing karena kita belajar dari "trial and error" - we learn from our mistakes (hopefully :-) jadi mereka perlu waktu untuk melaksanakan percobaan masing-masing. Dan kalau sudah mulai membuat program ini adalah kesempatan untuk mereka mendemonstrasikan kreativitasnya masing-masing (menulis programnya). Tetapi peran aktif (tugas kelompok di kelas) masih adalah penting terus, apa lagi pada awal pembelajaran untuk "mengaktifkan mereka" dan melaksanakan "Pembelajaran Kolaboratif" itu sebabnya saya sangat suka desain lab yang ada di Jember.

Tetapi setiap kali saya membahas isu ini dulu selalu jawabannya - "ruang kelas kita terlalu kecil" - jadi menyampaikan saran terus ke Kemendiknas supaya desain dapat dirubah.. (atau bekerjasama KS dan lingkungan sekolah supaya jadi :-)

Kalau lebih dari satu siswa per komputer manajemen dan monitoring kita harus lebih tegas, karena kalau ada satu siswa yang suka nakal semua siswa akhirnya membuang waktu. Juga yang nebeng saja sering adalah sangat pasif.

Jadi masih dapat melaksanakan "pair-work", atau "groups of three" jadi semua kebutuhan sudah diatasi. Untuk lab komputer rasio yang terbaik adalah 1:1, tetapi kalau tidak dapat dicapaikan, seperti saya ceritakan di atas dengan satu komputer saja kita dapat berhasil....

Pembelajaran yang efektif tergantung kreativitas dan kemampuan kita, bukan mesin.

Semoga Sukses Terus!

Saya senyum terus kalau membaca artikel-artikel saya di atas karena dua-duanya dari circa 1999 dan tulisan maupun bahasanya saya lucu sekali. Tetapi saya tidak akan mengedit artike-artikel itu karena di dalamnya adalah kuncinya untuk membangun dunia TIK di sekolah kita secara efektif maupun "sustainable".

(www.teknologipendidikan.com)

Jumat, 02 Juli 2010

Melindungi Word dengan Password

Senin, 30 Maret 2009 | 10:52 WIB

Bila komputer Anda digunakan beramai-ramai oleh banyak orang, Anda harus melindungi aplikasi yang tidak boleh dipakai oleh semua orang. Nah, ada cara sederhana agar orang lain tidak dapat menggunakan aplikasi Word seenaknya.

Kita bisa membuat sebuah aplikasi di mana bila seseorang ingin menggunakan aplikasi Microsoft Word mereka harus memasukkan sebuah password yang telah kita tentukan. Caranya begini:
1. Buka aplikasi Microsoft Word Anda, kemudian pilih tab [View].

2. Pada pita di bawahnya, klik tombol [Macros].

3. Setelah muncul jendela ?Macros?, isi ?Macro name? dengan nama ?AutoNew?. Perlu diperhatikan, nama makro harus disimpan dengan nama ?AutoNew?.

4. Klik [Create] untuk mulai membuat makro.

5. Selanjutnya, akan muncul jendela Microsoft Visual Basic editor. Pada jendela tersebut, ketikkan skrip di bawah ini.

pass = InputBox(Masukkan password Anda.)
If pass = rahasia Then
End
Else
MsgBox (Password yang Anda masukkan salah.)
ActiveDocument.Close
End If

Pada skrip di atas, Anda dapat mengganti ?rahasia? dengan password yang akan Anda inginkan.Simpan makro Anda kemudian tutup aplikasi Microsoft Word.

Sekarang, buatlah shortcut Microsoft Word baru dengan cara mengklik kanan mouse pada desktop dan pilih menu [New] > [Shortcut]. Isi ?Type the location of the item? dengan C:-Program Files-Microsoft Office-Office12-WINWORD.EXE /n, kemudian klik [Next].

Isikan ?Type a name for this Shortcut? dengan nama ?Microsoft Office Word 2007?. Hapus shortcut yang ada di menu start, kemudian pindahkan shortcut yang baru saja Anda buat ke menu Start, menggantikan shortcut yang asli.

Setelah itu tutup aplikasi Microsoft word. Mulai sekarang bila seseorang ingin menggunakan Microsoft Word dan membuat dokumen baru, muncullah kotak yang meminta password.

Sumber: PCplus

Sumber: Kompas.Com

Ilmu Teknologi Pendidikan

Di dunia pendidikan retorika mengenai pentingnya teknologi (teknologi pendidikan) dalam Kegiatan Belajar / Mengajar (KBM) muncul hampir setiap hari (Disebut retorika karena biasanya tidak ada bukti yang ditunjukkan).

Mengapa begitu? Karena pendidikan termasuk industri yang paling besar di dunia. Jadi untuk manufakturer atau distributor produk atau jasa teknologi, pendidikan adalah pasaran yang sangat menarik.

Seharusnya ini tidak sebagai masalah kalau produk-produk dievaluasikan dan diuji coba di dunia pendidikan oleh Ilmuwan/ti Teknologi Pendidikan sebelum retorikanya masuk ke sekolah-sekolah, kampus, atau lembaga pendidikan. Tetapi sering ada tokoh pendidikan yang ingin supaya beliau kelihatan "modern" mengulangkan retorika dari manufakturer atau distributor, tanpa evaluasi (applicative atau situational) dari Ilmuwan/ti Teknologi Pendidikan.

Ilmuwan/ti Teknologi Pendidikan harus menimbang keadaan di lapangan. Apakah keadaan di lapangan (infrastruktur) sudah siap untuk menggunakan teknologi ini? Apakah bahan untuk menggunakan teknologi ini sudah siap dan dapat diakses oleh semua praktisi pendidikan di lapangan? Bahan harus duluan sebelum teknologinya! Apakah alokasi anggaran ke teknologi ini tidak akan merugikan banyak pengajar di lapangan yang mempunyai kebutuhan teknologi yang sederhana untuk melaksanakan pendidikan yang bermutu?

Apa dampaknya di lapangan di dunia pendidikan? Misalnya kalau ada Menteri Teknologi atau Pendidikan yang mengumumkan bahwa teknologi baru (tertentu) adalah solusi untuk meningkatkan mutu pendidikan, bagaimana perasaan guru-guru di lapangan yang mimpinya masih adalah mempunyai sambungan listrik ke sekolahnya, atau ruang kelas yang tidak bocor, atau papan tulis yang dapat digunakan? Mereka tidak dapat membayangkan bahwa mereka dapat menggunakan teknologi ini? Apakah dampaknya positif? Apakah pengumuman begini akan meningkatkan semangat guru-guru untuk mengajar sebaik mungkin dalam keadaannya?

Padahal Teknologi Pendidikan hanya sebagai "beberapa macam alat yang MUNGKIN DAPAT MEMBANTU"
Ref: Educational Technology

Ada banyak orang yang sangat ragu-ragu mengenai aplikasi teknologi dalam pendidikan:

"Those who place their faith in technology to solve the problems of education should look more deeply into the needs of children. The renewal of education requires personal attention to students from good teachers and active parents, strongly supported by their communities. It requires commitment to developmentally appropriate education and attention to the full range of children's real low-tech needs - physical, emotional, and social, as well as cognitive."

Maupun: "Computers pose serious health hazards to children. The risks include repetitive stress injuries, eyestrain, obesity, social isolation, and, for some, long-term physical, emotional, or intellectual developmental damage. Our children, the Surgeon General warns, are the most sedentary generation ever. Will they thrive spending even more time staring at screens?" Ref: Fool's Gold

Apakah kita perlu teknologi canggih untuk belejar / mengajar?

Sebetulnya tidak, kecuali kalau kita belajar atau mengajar teknologinya, misalnya kelas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

Apakah sebelum ada teknologi yang canggih kita tidak dapat melaksanakan pendidikan yang bermutu? Apakah kita perlu teknologi pendidikan untuk mencapaikan proses belajar/mengajar yang bermutu?

Setiap kali mengajar, tanya diri sendiri (dan guru-guru lain yang berpengalaman) Apakah saya perlu menggunakan teknologi pendidikan untuk mengajar topik ini? Kalau ya, teknologi apa yang paling cocok? Biasanya teknologi atau peraganya adalah sangat sederhana (kalau betul berbasis-kebutuhan).
Ini adalah prinsip yang "underpin" Teknologi Pendidikan sebagai Ilmu!.

Yang akan paling meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia adalah kalau kita di semua tingkat pendidikan menghidupkan/mengaktifkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), bukan isu seperti teknologi.

Kalau guru di lapangan salah menggunakan teknologi paling yang dipengaruhi adalah siswa-siswi di kelas atau sekolahnya. Yang sangat menakutkan kami adalah pemimpin di bidang pendidikan kita kelihatannya juga kurang mengerti hal-hal teknologi pendidikan dan dapat membuat keputusan yang dapat merugikan puluhan juta anak.